5 Cara untuk Menjaga Kondisi Motherboard Laptop Tetap Sehat

5 Cara untuk Menjaga Kondisi Motherboard Laptop Tetap Sehat – Jika adalah pengguna laptop yang cukup aktif, maka setidaknya Anda perlu tahu bagaimana cara merawat laptop. Salah satu hal yang sering dialami oleh laptop yaitu kerusakan pada motherboard. Komponen ini dapat diibaratkan jantung bagi sebuah perangkat komputer maupun laptop.

Oleh karena itu maka di sini motherboard memiliki peranan yang sangat penting bagi sistem operasi laptop. Mengingat peran-peran motherboard sangatlah penting, maka perlu untuk menjaga kesehatan dari komponen ini. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kondisi motherboard laptop tetap sehat.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan motherboard laptop?

1. Hindari penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama
Beberapa orang menggunakan laptop secara terus-menerus tanpa memberikan jeda waktu bagi laptop tersebut untuk istirahat. Hal itu akan membuat komponen-komponen di dalam laptop tersebut panas.
Maka dari itu, jika kebetulan menggunakan laptop secara terus-menerus Anda perlu memberikan sedikit jeda waktu dengan mematikan laptop. Hal itu bertujuan untuk mendinginkan komponen laptop agar tidak panas sehingga menyebabkan motherboard cepat mengalami rusak.

asus.com

2. Cek kapasitor
Kapasitor dikenal juga dengan sebutan kondensor. Anda perlu rutin mengecek kondisi dari kapasitor. Perhatikan apakah kapasitor mulai membengkak atau tidak. Jika ternyata Anda mendapati kapasitor membengkak atau menggelembung, maka itu artinya motherboard tengah mengalami kerusakan yang cukup serius.

Jika hal itu telah terjadi, maka perlu segera menggantinya dengan yang baru. Jangan membiarkan kapasitor terus berada dalam kondisi membengkak tanpa menggantinya. Karena hal itu akan membuat suhu laptop Anda cepat mengalami peningkatan, yang akhirnya akan membuat laptop Anda tidak mampu bekerja kembali.

3. Bersihkan motherboard
Kelebihan panas yang terjadi pada komponen hardware nyatanya dapat menyebabkan kerusakan pada bagian motherboard. Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan cara yang sederhana, itu cukup bersihkan kotoran seperti debu yang menempel di laptop, di bagian kipas pendingin serta di bagian pembuangan udara.

Anda bisa menggunakan kuas lembut sebagai alat membersihkannya. Dengan melakukan hal tersebut, maka laptop Anda tidak akan cepat mengalami overheat yang nantinya akan menyebabkan kerusakan pada motherboard.

4. Gunakan charger original
Suplai listrik melalui charger dapat menyebabkan komponen motherboard terbakar jika tegangan tidak stabil. Agar tegangan listrik yang mengalir tidak berubah-ubah, maka bisa memanfaatkan volt stabilizer.

Namun bagi para pengguna laptop maka cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan charger asli bawaan laptop tersebut. Dengan menggunakan charger asli tentunya suplai listrik terhadap laptop sesuai dengan yang dibutuhkan oleh laptop tersebut.

5. Rutin memeriksa kipas laptop
Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan motherboard laptop Anda yaitu dengan rutin memeriksa fungsi kipas laptop Anda tersebut. Periksalah apakah kipas tersebut masih berfungsi atau tidak.

Jika nyatanya kipas sudah tidak lagi berfungsi, maka harus menggantinya secepat mungkin. Atau Anda juga bisa menggunakan kipas tambahan seperti yang telah banyak dijual di toko-toko perangkat komputer.

Itulah 5 cara yang bisa lakukan untuk menjaga motherboard laptop tetap dalam kondisi sehat. Dengan melakukan hal-hal tersebut tentunya akan membuat laptop mampu bekerja lebih optimal lagi dan tidak cepat mengalami kerusakan.

Demikian yang dapat kami jelaskan pada kesempatan kali ini. Terimakasih sudah mengunjungi situs kami, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *