Cara Bayar PBB Online, Simak Panduan Lengkapnya

Cara Bayar PBB Online, Simak Panduan Lengkapnya. Sudah menjadi tanggung jawab wajib pajak untuk rutin membayar pajak, salah satunya ialah Pajak Bumi dan Bangunan. Dahulu wajib pajak diharuskan pergi ke KPP supaya pajak dapat dibayarkan. Namun, pada zaman yang serba instan ini pembayaran apa saja sudah dapat diselesaikan sambil rebahan saja. Hanya bermodalkan jaringan internet saja, PBB sudah dapat Anda lunasi. Cara bayar PBB online pun tidaklah rumit seperti yang dibayangkan.

 

Panduan Cara Bayar PBB Online

Metode yang dapat Anda pilih untuk membayar pajak sangatlah beragam. Anda dapat membayarnya lewat ATM, mobile banking, situs web, atau bahkan lewat lokapasar (marketplace), seperti Tokopedia dan Traveloka. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa tidak setiap daerah sudah memberlakukan pembayaran pajak dengan metode online. Oleh sebab itu, cari info terlebih dahulu apakah daerahmu sudah memberlakukannya metode tersebut atau belum.

flazztax.com

 

Membayar Via Lokapasar

Sampai sejauh ini, setidaknya ada dua lokapasar yang menyediakan fasilitas untuk membayar pajak, yakni Tokopedia dan Traveloka. Cara bayar PBB online lewat keduanya pun sangat mudah untuk dipahami. Kalau Anda berencana membayarnya melalui Tokopedia, maka Anda dapat mengunjungi situs web resminya. Selanjutnya, Anda perlu mencari pilihan “PBB Online”. Kalau Anda sudah menemukan menu tersebut, maka Anda bisa menekannya.

Kemudian, Anda diharuskan untuk memasukkan nomor objek PBB yang dipunyai. Tokopedia akan langsung menginformasikan jumlah tagihan yang Anda bayarkan jika nomornya sudah tepat. Kalau sudah keluar informasinya, silakan mengetuk tulisan “Bayar”. Nah, di sini Anda diminta untuk menentukan mau menggunakan metode pembayaran yang mana. Terakhir, silakan menunggu pembayarannya diproses dan akan muncul pemberitahuan yang menujukkan pembayarannya berhasil.

Lokapasar kedua yang dapat Anda pilih ialah Traveloka. Cara bayar PBB online melalui Traveloka dapat dimulai dengan mengunduh aplikasi yang versinya paling baru. Usai mengunduh dan memasangnya, silakan membuka aplikasinya untuk mencari menu “Villa” dan “Top up”. Anda dapat mencari pilihan “PBB”, lalu mengetuknya. Berikutnya, Anda perlu menentukan di mana tanah ataupun bangunannya.

Barulah setelah itu Anda memasukkan NOP-nya dengan benar serta tahun pembayarannya. Traveloka akan menampilkan informasi jumlah pajak yang harus dibayar. Sama seperti sebelumnya, Anda juga diminta memilih metode pembayarannya terlebih dahulu untuk menyelesaikannya. Terakhir, Anda dapat menunggu bukti pembayarannya yang dikirim ke surel (email) Anda.

 

Membayar di ATM

Kalau rumah Anda tidak jauh dari ATM, dapat juga membayar PBB di ATM, lho. Sebelum berangkat, Anda perlu membawa atau memotret dokumen pajaknya terlebih dahulu. Sesampainya di ATM, cara bayar PBB online dimulai dengan mencari “Pembayaran”, lalu Anda dapat mengisikan NOP beserta tahun pembayarannya. Sistem ATM akan menunjukkan rincian tagihan Anda. Kalau informasi dan rincian tagihan pajaknya tepat, maka Anda dapat langsung membayarnya.

 

Membayar Via M-Banking

Kalau Anda tidak mau mengantre di ATM, maka mobile banking adalah solusinya. Terlebih bank-bank BUMN sudah menyediakan fasilitas tersebut. Cara bayar PBB online dengan memanfaatkan mobile banking dapat dikatakan paling simple dibandingkan lainnya. Setelah membuka aplikasinya, Anda dapat mengetuk pilihan “Pembayaran”.

Langkah selanjutnya ialah mencari opsi “Pajak atau MPN”, lalu memilih rekening debet. Nah, sekarang silakan mengisikan NOP, tahun, dan kode bayar. Untuk mengetahui kode bayarnya, Anda dapat searching di situs web pembayaran pajak daerah/wilayah Anda.

 

Dengan beragamnya cara bayar PBB online, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak membayarnya. Tanpa keluar rumah pun, hampir semua hal dapat dilakukan, termasuk membayar PBB. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *