Macam Alat-Alat Berat Sesuai dengan Kegunaannya

Macam Alat-Alat Berat Sesuai dengan Kegunaannya – Saat Anda melihat proses pembangunan suatu gedung bertingkat seperti contohnya gedung perkantoran atau pun supermarket, pastinya Anda akan melihat banyak alat berat yang digunakan di sana.

Alat berat tersebut memang sangat berguna dalam memudahkan pekerjaan konstruksi bangunan. Tanpa adanya alat-alat tersebut otomatis proses pembangunan akan terasa lebih berat dan berlangsung lama.
Pemanfaatan alat berat nyatanya tidak hanya dalam bidang konstruksi bangunan saja, melainkan juga dalam bidang pertambangan, pertanian bahkan di pelabuhan. Ada banyak macam alat berat sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah macam-macam alat berat yang perlu untuk Anda ketahui.

olx.co.id

Apa sajakah jenis-jenis alat berat?

1. Bulldozer
Macam-macam alat berat pertama yang perlu Anda ketahui yaitu buldoser. Alat ini biasanya digunakan untuk menumpuk sebuah material ataupun mendorong tumpukan tanah. Buldoser sendiri terdapat 2 jenis berdasarkan pemakaian rodanya.

Bulldozer dengan roda kelabang serta bulldozer dengan roda karet. Alat berat ini tidak dapat digunakan untuk menempuh jarak yang jauh, namun sangat berguna untuk menahan beban-beban yang memiliki bobot yang sangat berat.

2. Asphalt Finisher
Alat berat selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu asphalt finisher. Untuk alat berat yang satu ini biasanya digunakan saat melakukan proses pembuatan jalan aspal. Aspal-aspal tersebut nantinya akan dicampur dengan menggunakan alat ini. Perputaran roda yang dimiliki oleh alat ini berjalan begitu lambat.

3. Excavator
Jenis alat berat yang ketiga yaitu ekskavator. Alat berat yang satu ini memiliki banyak sekali fungsi. Fungsi utamanya yaitu sebagai alat penggali tanah. Namun dalam pengerjaannya, alat ini juga digunakan sebagai alat pemindah beban-beban yang berat.

Material-material yang terdapat di proyek juga dapat diangkut menggunakan alat berat yang satu ini. Sama halnya seperti buldoser alat berat satu ini tidak bisa digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

4. Hoist Crane
Dalam suatu proyek konstruksi ataupun pembangunan suatu gedung-gedung bertingkat yang menggunakan material-material besar dan berat, maka Anda akan menemukan alat berat jenis ini.
Alat ini memiliki kemampuan dalam memindahkan material dalam jumlah yang banyak dan bobot yang tentunya juga sangat berat. Selain itu alat ini dapat menjangkau di berbagai tempat kontruksi.

5. Concrete Batching Plant
Macam-macam alat berat berikutnya yang perlu Anda ketahui yaitu jenis concrete batching plant. Alat berat ini biasanya akan digunakan dalam proses mencampur bahan-bahan serta untuk memproduksi material. Seperti contohnya memproduksi beton dengan jumlah yang cukup banyak.
Dengan menggunakan alat ini sebagai alat bantu pembuatan beton, maka Anda dapat menghasilkan kualitas beton yang sangat bagus, standar serta stabil. Sehingga dengan begitu akan dihasilkan bangunan yang kokoh dan kuat.

6. Truck Loader
Jenis alat berat yang ke-6 yaitu truk loader. Sebenarnya alat ini memiliki fungsi yang hampir serupa dengan dozer. Fungsinya yaitu untuk memindahkan bahan-bahan material dari alat yang satu ke alat yang lain.
Namun sayangnya alat berat jenis ini jarak tempuhnya sangatlah pendek. Jadi alat ini tidak bisa digunakan untuk memindahkan material dengan jarak yang cukup jauh.

7. Motor Grader
Jenis alat berat terakhir yang perlu Anda ketahui yaitu motor grader. Alat ini biasanya digunakan untuk menggusur tanah atau meratakan tanah. Fungsi lain dari alat berat jenis ini yaitu berguna dalam mencampurkan tanah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *